Sunday, June 26, 2016

K-Drama: Signal (시그널 ) [2016]

(Signal Poster)

Setelah berpisah sama Reply 1988, tvN punya drama baru yang gak kalah seru dari drama sebelumnya (re: Reply 1988) dengan genre yang berbeda tapi drama ini bener-bener bikin gw betah duduk di depan laptop sampai episode terakhir. Semua yang di suguhin sama drama ini bener-bener keren, dua jempol buat writter-nim sama pd-nim nya. Tapi emang dengan tema yang 'agak' berat, gw yakin gak semua orang suka sama drama ini, tapi yang suka sama genre mystery dan sejenisnya wajib hukumnya buat nonton ini, dijamin bakal sukaaaa banget.



(L-R: Park Hae Young, Cha Soo Hyun, Lee Jae Han)

Berkisah dari seorang profiler kepolisian di Korea, Park Haeyoung (Lee Je Hoon) yang nemuin HT (walkie talkie) yang tiba-tiba nyala sendiri padahal gak ada battery nya. Setelah diselidikin dan sempet ngira kalo dia gila ternyata suara di walkie-talkie itu berasal dari masa lalu, yaitu suara dari Detektiv Lee Jae Han (Jo Jin Woong) yang ternyata sudah 15 tahun lebih menghilang. Dari transmisi yang mereka berdua lakuin, mereka berusaha memecahkan kasus-kasus yang sama namun di tahun yang berbeda. Selain mereka berdua ada satu detective lagi yaitu Cha Soo hyun, sebagai ketua tim divisi cold case (kasus-kasus lama yang gagal dipecahkan pada waktunya) dan juga orang yang paling dipercaya sama Park Hae Young, mereka bertiga mengungkap banyak kasus sulit yang juga misteri hilangnya detectiv Lee Jae Han yang ternyata ada hubungan sama masa lalu mereka bertiga. 

Alur drama ini maju-mundur, mirip sama drama sebelumnya (re: Reply 1988) dan filter yang dipakai buat dua waktu ini beda, jadi kita gak bakal bingung ini lagi dijaman mana, masa lalu atau masa sekarang. Karena ada unsur fantasy dan time traveler, ceritanya jadi semakin seru karena apa yang terjadi di masa lalu pastinya mengubah sesuatu di masa yang akan datang. Cara mereka mecahin kasus-kasus lama ini juga gak kalah menarik dan tiap kasus punya permasalahan dan pemecahan yang masuk akal meskipun itu udah berumur lebih dari 10 tahun, dan ternyata salah satu kasus di drama ini terinspirasi dari kasus nyata yang terjadi di Korea sekitar tahun 2004-an. 

Suntuk dong ya pastinya kalau drama ini isinya memecahkan kasus terus, makanya scripwitter-nim dengan baik hati menyelipkan sedikit demi sedikit love story antara Lee Jae Han dan Cha Soo Hyun yang menurut gw cute nya gak ketolongan. Mereka itu dua orang dewasa, tapi kelakuannya kalau masalah 'love' bener-bener kaya anak remaja yang bikin gw senyum-senyum sendiri. Love story mereka emang bisa memecahkan ketegangan sesaat diantara masalah-masalah yang ada dalam drama. 







Buat karakter-karakternya patut diacungin jempol, terutama 3 pemeran utama. Park Hae Young, polisi muda dengan keahliahliannya sebagai profiler punya peran penting di setiap kasus yang mereka pecahkan. Cara dia memprofile suspect-suspectnya itu keren banget, dan logika dia yang cepat mainnya makin membuat dia keliatan keren. Cha Soo hyun, dia satu-satunya karakter yang bakal kita liat selalu konstant ada di dua waktu, perkembangan karakternya keliatan banget waktu dia jadi polisi pertama kali sampai akhirnya jadi team leader di masa sekarang. Sebagai spesies langka di kalangan para lelaki di kepolisian, detektive wanita satu ini gak kalah kompeten sama detective-detective lain yang begender laki-laki. (tha's a true feminism). Dan yang terakhir, Lee Jae Han. Inti dari drama ini, character dia pokoknya yang selama ini bikin drama ini seru sampai akhir, sebagai detective yang gak mau menyerah apapun rintangannya buat dia keliatan bener-bener kaya true hero. Semua tindakan yang dia lakukan bikin kita makin ngagumin dia dari jauh dan berharap ada happy ending buat dia dan karakter lain.  




Semua aspek di drama ini layak dikasih jempol, 


Fav. quote: 





Rating: 9/10

all image credit to the owner that upload it on tumblr.

tvN Signal, Signal Korean Drama, Lee Je Hoon, Jo Jin Woong, Kim Hyesoo, K-Drama, 2016

0 comments:

Post a Comment