Thursday, January 14, 2016

Current Addiction: Reply 1988


Reply 1988 Poster

Seperti layaknya kebanyakan remaja di tanah air, gw juga punya hobi nonton drama Korea *tapi gak semua, cuman beberapa aja yang menurut gw bagus*. Sejak beberapa bulan terakhir, pas gw menjelang UAS gw lagi hooked sama drama Korea yang ditayangin sama salah satu cable channel disana, yaitu Reply 1988. Dari judul dirasa emang udah gak asing, kenapa? karena ini masih satu 'univese' sama seri reply sebelumnya (Reply 1997 dan Reply 1994) yang gak kalah addictingnya buat gw tonton.



Kenapa gw hooked banget sama drama korea yang satu ini? Padahal biasanya sesuatu yang di remake apalagi yang ketiga kalinya bakal flop alias gagal. Itu yang ada di pikiran gw pas tau bakal ada seri Reply yang ketiga, Tapi pas gw nonton episode pertama... Pikiran itu buyar, karena drama ini melebihi ekspektasi gw dan para viewers lainnya. Berbeda sama kebanyakan drama korea lainnya, R1988 (singkatan Reply 1988) gak nyebutin siapa sih 3/4 pemain utama mereka (kecuali si Duksun yang jelas jadi lead female nya, tapi selebihnya? tonton aja sendiri. hehe) dan mereka juga gak nunjukin love line si pemain utama ini sama siapa. Dengan banyaknya pemain, gw udah pesimis ini ceritanya gak bakal fokus dong ke si pemeran utama, dan ternyata.... I was wrong once again, PD-nim (director/sutradara) dan SW-nim (script writer/penulis naskah) sukses ngebuat semua  karakter punya charming point dan peran serta story line tersendiri. Pokoknya gak ada karakter yang 'sia-sia'

R1998 sendiri bercerita tentang kehidupan sehari-hari dan persahabatan 5 sahabat masa kecil (Deoksun, Junghwan, Dong Ryong, Sunwoo & Taek) di blok rumah mereka pada tahun 1988. Seperti yang gw bilang diatas, ceritanya gak cuman seputar 5 sahabat tersebut, tapi juga keluarga mereka dan teman-teman mereka di luar rumah. Gak lupa sama husband hunting yang selalu ada di setiap Reply series, meskipun disini gak begitu ditonjolin dan gak begitu dikasih clue.

Ssamundong Blok Residence

Apa yang buat R1988 berbeda? Mereka membuat cerita yang terlihat real atau memang terjadi di kehidupan nyata banyak orang, jadi kalo nonton drama ini kita bisa menyangkutkan masalah kehidupan sehari-hari yang pernah kita alami ke dalam permasalahan yang ada drama. Detil-detil drama set yang dibuat senyata mungkin layaknya tahun 1988 membuat penonton bernostalgia, seakan mereka terbawa ke tahun tersebut secara nyata lewat R1988.. Dan beberapa scene yang dapat menyentuh hati banyak orang, dan juga pelajaran hidup yang lagi-lagi bisa dikaitkan dengan kehidupan nyata banyak orang.

The Gang (L-R Dongryong, Taek, Deoksun, Junghwan, Sunwoo)

Fav. quotes:
"In the end, what helps you overcome obstacles isn’t brains but someone who will take your hand and won’t let you go"
           _Answer Me 1988

Fav, Scene: [Waktu Taek yang dikenal sebagai anak paling lugu diajarin nge-curse atau mengumpat sama Deoksun dan teman-temannya]




Kalau disuruh ngasih ratting, gw kasih 10/10 buat drama ini.

0 comments:

Post a Comment