Tuesday, January 30, 2018

K-Drama: Prison Playbook (2017)





Salah satu channel favorit para pecinta drama Korea, tvN, kembali dengan drama legendaris akhir tahun yang di sutradarai oleh our favorite 'reply series' PD. Yuppp... Kayaknya setiap akhir tahun tvN selalu punya drama yang WOW banget dari tahun 2015 (Reply 1988), tahun 2016 (Goblin) dan tahun 2017 (Prison Playbook).

Dengan teknik pengambilan gambar yang khas 'Reply' serta genre Black Comedy dan tema yang benar-benar baru dalam drama Korea, Prison Playbook patut jadi drama yang ditunggu-tunggu. Meskipun castnya bisa dibilang bukan deretan top star (gak kaya dramanya Kim Eun Seok Writter-nim yang rata2 pake Ahjushi rasa Oppa), tapi dibawah arahan Shin Won Ho PD-nim, semua aktor layak dikasih standing ovation, aka Keren! Buat para fans 'Reply' series, pasti bakalan menemukan beberapa kesamaan antara drama ini terutama sifat karakter utama yang kayak gabungan dari sifat-sifat karakter utama cowok di Reply series (Yoon Jae, Trash, Chil Bong, Taek, Jung Pal) , ke cast yang gak cukup diitung pakai dua tangan, sampai ke cara dia nyajiin jokes sampai ke 'detail'an clue buat nyampain plot cerita kedepannya.  Buat gue pribadi, nonton drama ini kaya nonton film layar lebar, selain yang durasinya super lama buat drama (1h20m!), filter gambarnya (aduh, apalah itu namanya) juga kaya di film layar lebar, dan tentunya ceritanya dong yang bikin betah nonton hampir dua jam setiap episode. 



Ngomongin soal cerita, gue salut banget sama writter-nim drama ini, yang kepikiran untuk bikin drama yang bertema kehidupan penjara, yang kayaknya belum pernah dipake di drama Korea, kalau K-Movie beberapa udah pake tema kehidupan penjara, salah satunya Miracle in Cell no.7 yang juga keren bangett. Karena latar belakang cerita seputar kehidupan penjara laki-laki, jadi hampir seluruh pemeran di drama ini di dominasi oleh para kaum adam, maka dari itu keharidan Krystal dan Im Hwa Young menghiasi layar kaca yang terlalu banyak hormon testosteron *apasih*.

Cerita di drama ini bermula dari Kim Je Hyuk (Park Hae Soo) seorang atlet baseball professional yang tiba-tiba harus mendekam di penjara karena memukul tersangka yang hendak pertindak asusila kepada adiknya *bahasanya gue buat halus*, singkat cerita kehidupan Kim Je Hyuk berubah 180 derajat dalam semalam. Seluruh drama berkisah tentang bagaimana Kim Je Hyuk menyesuaikan diri, bertahan dan menjalani hari-harinya dalam penjara dalam 1 tahun kedepan. Selain Kim Je Hyuk, kita juga bakalan ngeliat banyak aktor pendukung yang datang dan pergi selama berjalannya drama. Karena ini tentang penjara, jadi wajar kalau karakter yang kita liat banyak banget selain itu setiap karakter punya porsi masing-masing, jadi jangan heran kalau misal liat karakter yang cuman ditampilin  sebentar terus ilang, atau cellmatenya Je Hyuk yang silih berganti. Intinya kita gak bakal liat karakter yang terus muncul dari awal hingga akhir episode kecuali Kim Je Hyuk dan sipir penjara ganteng  kita Lee Jun Ho (Jung Kyung Ho), yang jadi dua karakter utama.



Kita liat banyak banget karakter sliweran sepanjang drama, tiap karakter punya cerita yang menarik yang bikin drama ini lebih berwarna dan lebih berfaedah. Dan yang paling banget gue suka adalah bromance antar karakter, apalagi para anggota cell 2-6 (cellnya Je Hyuk episode 3 keatas) yang makin hari makin klop, sampe-sampe gue sendiri bingung mau ngeshipin siapa sama siapa, saking banyaknya bromance di drama ini.  
Eits, tapi tenang aja, kan ada dua aktris yang main drama ini, yang berarti bakalan ada juga love line yang bikin drama ini makin asik. Tapi menurut gue love line di drama ini hanya sekedar pemanis, kaya cherry on top lah, karena gak begitu berpengaruh banget ke jalan cerita. Tapi lumayan lah, jadi hiburan dan akhirnya liat karakter cewe juga. 

Salah satu karakter yang paling banget berkesan menurut gue itu Hae Rong aka Yoo Han Yang (Lee Kyu Hyung). Drug addict yang suka cari gara-gara sama semua orang *but in a funny way*, bener-bener kayak bocah kesepian, tapi justru scene dialah yang gue tunggu-tunggu tiap episode. Scene stealler banget lah pokoknya. Kesannya dia teler setiap waktu gara-gara kecanduan, dan kalo ngomong suka seenaknya aja, tapi kadang-kadang Hae Rong bisa jadi orang paling bijak di cell 2-6 meskipun ngomong dengan suara tinggi kayak cewe.



Yang bagus banget dari drama ini adalah, gimana cara si PD-nim mengemas cerita ini serealistis mungkin. Masuk penjara bagi sebagian besar orang ada titik terendah dalam hidup mereka, setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, tapi setiap orang juga punya cara masing-masing untuk menanggapi kesalahan mereka. Selain itu, gue seneng gimana PD-nim bisa menggambarkan kehidupan dalam penjara sereliatis mungkin, gak ada karakter yang bener2 jadi protagonis yang bener-bener baik, karena setiap orang disini pasti berbuat salah (ya iyalah, makanya di penjara).  Dalam satu episode gue bisa nangis, ketawa, serius sampe kadang kagum sama kelakuan orang-orang di sini. Pokoknya the best lah drama ini, worth to watch.











Rating : 5/5




0 comments:

Post a Comment